web analytics
Menu

Belanda Tersingkir, Robben Pensiun

arjen robbenArjen Robben memutuskan untuk pensiun dari tim nasional belanda usai gagal mengantarkan negaranya itu ke Piala Dunia 2018. Sekarang Robben lebih ingin fokus di klub saja.

Belanda tidak berhasil meraih satu tempat ke Piala Dunia 2018 usai cuma bisa menang 2-0 atas Swedia di Amsterdam ArenA, Amsterdam, Rabu (11/10/2017) dinihari WIB. Semua gol kemenangan tersebut dicetak oleh Robben.

Tiga poin tambahan sebenarnya telah membuat De Oranje menyamai koleksi 19 angka milik Swedia. Akan tetapi Belanda tetap tak berhasil mendapat tiket play-off dari lawan terakhirnya itu karena kalah dalam jumlah selisih gol.

Anak asuh Dick Advocaat butuh kemenangan paling tidak 7-0 agar mampu mendepak Swedia. Swedia pun melaju ke play-off sedangkan Prancis sebagai juara grup.

Karena kegagalan Belanda melangkah ke komptisi akbar yang berlangsung di Rusia tahun depan, winger kelahiran 33 tahun tersebut mengumumkan pamit dari timnas. Dia ingin lebih fokus membela klubnya, Bayern Munich, dan memberi jalan bagi para juniornya di tim nasional.

“Saya mau fokus penuh kepada klub saya sekarang. Ini adalah momen yang pas untuk memberi obor kepada generasi selanjutnya,” kata Robben usai laga seperti dikutip Mirror.

Robben telah membela skuat senior Belanda sejak 2003. Tercatat dia telah mengumpulkan 96 caps bersama negaranya dengan total sumbangan 37 gol dan 29 assists.

Raihan terbaiknya bersama timnas ialah ketika jadi runner-up Piala Dunia 2010, yang saat itu kalah di tangan Spanyol pada partai final.