web analytics
Menu

CONMEBOL Minta Format Piala Dunia 48 Tim Dipercepat

Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) baru saja menyodorkan surat yang ditandangani oleh 10 organisasi anggotanya guna meminta format 48 tim di Piala Dunia dipercepat dalam pargelaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

Beberapa waktu sebelumnya format anyar itu diusulkan baru diterapkan pada 2026, yang mana bakal berlangsung entah di Maroko atau negara kawasan Amerika Utara yang sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama mulai dari Amerika Serikat, Meksiko, sampai Kanada.

Orang nomor satu di CONMEBOL Alejandro Dominguez secara resmi melayangkan dokumen kesepakatan anggota federasinya tersebut kepada presiden FIFA Gianni Infantino pada kongres di Buenos Aires pekan ini.

“Kami menginginkan jika kompetisi Piala Dunia 2022 mendatang dimainkan dalam format 48 tim,” kata Dominguez.

Untuk sekarang kompetisi Piala Dunia 2018 masih menggunakan format lama yaitu 32 negara peserta dari Amerika Selatan diwakili oleh lima tim; mereka adalah Brasil, Argentina, Uruguay, Kolombia dan Peru.

Apabila proposal itu mendapat persetujuan, penyelenggaraan Piala Dunia selanjutnya akan mengirimkan enam wakil CONEMBOL di kompetisi terakbar sepakbola, sementara tim peringkat tujuh babak kualifikasi harus lebih dulu menjalani partai play-off interkontinental.