web analytics
Menu

Dampak Buruk Guardiola Untuk Bek Italia

pep guardiolaPep Guardiola memang belum pernah berkarier di Italia. Akan tetapi gaya terapannya diklaim Giorgio Chiellini tetap memberikan dampak buruk bagi para bek Italia. Chiellini mengatakan gaya Guardiola tersebut disebut Guardiolismo.

Saat masih aktif bermain, Guardiola pernah dua musim di Italia mengenakan kostum kebesaran Brescia dan kemudian AS Roma. Usai mulai melatih, ia baru membesut klub Spanyol, Jerman, dan kini Inggris.

Di klub yang dia tukangi itu, Guardiola telah menunjukkanpolesan yang ciamik. Tidak hanya gaya main yang atraktif, ia bisa memberikan timnya banyak titel juara. Tak pelak dimana Guardiola berada dia selalu berada di bawah sorotan publik.

Chiellini mengatakan, gaya itulah yang dalam prosesnya telah memberikan dampak negatif ke bek-bek Italia. Palang pintu Juventus serta Gli Azzurri menyebut para bek Italia sekarang ini tak sekuat di masa lampau saat bertahan.

“Guardiolismo sedikit memberi efek negatif untuk bek-bek Italia. Kini bek (Italia) memang sudah bisa mengatur irama permainan dan mengumpan bola, namun mereka tak benar-benar tahu cara menjaga pemain lawan. Namun sayang seperti itulah situasi saat ini,” katanya seperti dikutip ESPNFC.

“Saat saya masih muda, kami dilatih untuk membaca pergerakan lawan yang anda jaga. Sekarang ini para bek di Italia, saya hanya berbicara tentang mereka karena saya tak terlalu memperhatikan pemain asing, tidak bisa menjaga lawan ketika menghadapi umpan-umpan silang.”

“Hal ini sungguh disayangkan lantaran kami cukup kehilangan DNA kami sendiri dan juga karakteristik yang telah membawa kami terkenal di dunia,” tuturnya.