web analytics
Menu

George Weah Terpilih Sebagai Presiden Liberia

george weahLegenda sepakbola AC Milan dan Paris St-Germain, George Weah, baru saja terpilih sebagai orang nomor satu Liberia. Dia menang telak dari pesaingnya Joseph Boakai.

Weah yang maju dari Koalisi untuk Perubahan Demokrasi sukses memenangi 12 dari 15 daerah pemilihan di Liberia. Pria kelahiran 51 tahun silam itu pun resmi terpilih sebagaii presiden ke-25 untuk Liberia menggantikan Ellen Johnson Sirleaf, yang telah menjabat dalam kurun waktu 12 tahun.

Sebelum ini Weah sempat masju sebagai calon wakil presiden, akan tetapi suaranya kalah banyak. Kekalahan itulah yang membuat Boakai terpilih sebagai wakil presiden selama 12 tahun.

Kendati menang mutlak, hasil yang didapatkan eks ujung tombak Rossoneri ini bukan tugas mudah. Dia harus menjalani pemilihan kedua lantaran di putaran pertama tak satupun pihak bisa 50 persen.

Sosok Weah memang telah mendunia di ajang lapangan hijau. Ia meraup kesuksesan besar ketika merumput di Eropa bersama AS Monaco, Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Chelsea.

Bersama Il Diavolo, dia sukses menjuarai gelar Scudetto dua kali pada 1995/1996 dan 1998/1999. Penghargaan pemain terbaik dunia pun pernah dia raih dengan menyabet titel Ballon d’Or 1995.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga, teman, serta pendukung setia saya yang berkontribusi pada kampanye kami selama musim pemilihan yang luar biasa panjang ini,” tulis Weah dalam Twitter pribadinya.