web analytics
Menu

Pihak Timnas Argentina Resmi Berhentikan Edgardo Bauza

Edgardo Bauza tidak akan melanjutkan aksinya sebagai pelatih timnas Argentina lagi. Pasalnya, pihak Federasi Sepakbola Argentina (AFA) mengambil keputusan untuk memecat Bauza. Berita ini memang sudah banyak diprediksikan melihat catatan kemajuan timnas yang tak kunjung membaik.

Hal mengejutkan tersebut memang sudah diyakini akan diputuskan oleh AFA setelah timnas Argentina kalah dari timnas Bolivia dalam laga babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL beberapa waktu yang lalu. Kegagalan tersebut menjadikan Albiceleste kesulitan masuk ke babak final di Rusia.

AFA mengumumkan berhentinya Edgardo Bauza pada Hari Senin (10/4/2017) waktu setempat, “Kami sudah mendapat hasil yang final terkait masa depan timnas dan pelatih kami, pihak kami sudah mengungkapkan pada Bauza bahwa dia akan segera berhenti dari jabatannya sebagai manajer timnas, ” ucap Petinggi AFA, yakni Claudio Tapia.

Edgardo Bauza menjadi pelatih Argentina di bulan Agustus 2016 yang lalu sebagai pengganti Gerardo Martino. Namun, Bauza lagi-lagi kesulitan mengantar Argentina mendapat hasil yang mengesankan. Tercatat dari delapan laga yang dimainkna dengan Bauza, Argentina hanya mendapat tiga kemenangan, dua seri dan tiga kekalahan.

Hasil buruk yang mereka dapatkan dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 menjadikan timnas Argentina kini berada di posisi kelima. Posisi tersebut merupakan batas posisi zona aman yang menjadikan mereka belum dapat melaju ke babak selanjutnya di putaran final.

Sebagai pengganti Bauza, pihak tim nasional Argentina disebut-sebut akan melakukan pendekatan dengan pelatih dari Sevilla, yakni Jorge Sampaoli. Akan tetapi, pihak Argentina harus menyelesaikan terlebih dahulu klausul rilis Sampaoli, yang masih memiliki kontrak sampai tahun 2018 nanti. Diyakini jika nilai klausalnya adalah 1,5 juta euro jika memang sang menajer akan hengkang dari Sevilla.